Dinas PMD Pacitan Latih Operator Sistem Informasi Desa (SID) TAHUN 2018

Pacitan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan adakan Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID). Pelatihan tersebut diadakan mulai 24- 25 September 2018 di Hotel Remaja Pacitan. Sebanyak 24 operator SID desa yang berasal dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Pacitan mengikuti pelatihan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan, Drs. Sanyoto, MM menyampaikan bahwa sesuai amanat Pasal 86 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang berbunyi “Desa Berhak Mendapatkan Layanan Akses Informasi Melalui Sistem Informasi Desa (SID) Yang Ditindak Lanjuti  Surat Gubernur Jawa Timur Tanggal 31 Maret 2017 Nomor 140/612/01/2017  Tentang Sistem Informasi Desa Serta Peraturan Bupati  Pacitan Nomor 39 Tahun 2018 Tentang Pengembangan Sistem Informasi Desa, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan SID.

Lanjut Beliau, pada tahun 2017 Kabupaten Pacitan mendapatkan 10 desa  yang berasal dari Kecamatan Tegalombo dan Kecamatan Tulakan sebagai pilot projek  dampingan dari KOMPAK yang telah diberikan pelatihan dalam menerapkan aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang  terintegrasi data BDT Tahun 2015 serta administrasi kependudukan. Adapun 10 desa dampingan KOMPAK tersebut adalah: Desa Bubakan,

Desa Bungur, Desa Jetak, Desa Ketro, Desa Ngumbul, Desa Wonoanti yang berasal dari Kecamatan Tegalombo, dan Desa Gemaharjo, Desa Pucangombo, Desa Tahunan, serta Desa Tegalombo yang berasal dari Kecamatan Tegalombo. Sepuluh desa tersebut sudah mengalokasikan anggaran pengoperasian Sistem Informasi Desa (SID) di APBDesa masing – masing mulai Tahun 2017 berkisar antara 10 juta sampai dengan 30 juta. KOMPAK juga telah memberikan pelatihan  replikasi di 30 desa dalam menerapkan Sistem Informasi Desa yang terintegrasi dengan data BDT tahun 2015 serta administrasi kependudukan tutup beliau.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, 3 Nara sumber di datangkan guna memberikan materi terhadap para peserta pelatihan. Narasumber tersebut antara lain Nanang Hardwijono, S.Sos, M.Si Kasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Dinas PMD Pacitan, Yudha Irawan operator SID dari Desa Tahunan, dan Mashudi operator SID desa Ngumbul.

Dalam kesempatan itu pula, sebanyak 3 desa menerima penghargaan dalam Lomba SID tingkat Kabupaten yang di selenggarakan Pemkab melalui Dinas Kominfo Kabupaten Pacitan.(admin)

Updated: October 3, 2018 — 9:14 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa © 2018