PERSIAPAN PILKADES SERENTAK TAHUN 2023, KADIS PMD GELAR RAKOR

PERSIAPAN PILKADES SERENTAK TAHUN 2023, KADIS PMD GELAR RAKOR

Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pacitan tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan melaksanakan Rapat Koordinasi di ruang pertemuan DPMD, Rabu (27/07). Rapat tersebut dihadiri oleh 12 Camat se-Kabupaten Pacitan, 20 Kepala Desa, dan 20 Ketua BPD yang akan melaksanakan Pilkades pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas PMD, Heri Setijono menginformasikan pada Tahun 2023 ada 20 desa dari 10 kecamatan di Kabupaten Pacitan yang akan melaksanakan Pilkades yaitu Desa Sendang, Donorojo, Poko, Dadapan, Pelem, Tamanasri, Bomo, Piton, Mendolo Lor, Kebonsari, Sukoharjo, Arjowinangun, Gembuk, Kedungbendo, Tumpuk, Tegalombo, Gasang, Losari, Hadiwarno, Dan Nogosari.

Beliau juga mengatakan bahwa “sesuai dengan amanat Permendagri nomor 72 tahun 2020 bahwa Pilkades serentak nanti harus dipastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan”.

“Mengenai Perda dan Perbup tentang Pemilihan Kepala Desa monggo dibaca, dipahami dan dipedomani, apabila ada hal-hal yang perlu didiskusikan, dikomunikasikan maka akan kita bahas bersama-sama” imbuhnya.

Selanjutnya Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Sigit Dani Yulianto menjelaskan tentang tahapan pilkades yang akan dilalui dari awal sampai akhir mulai Bulan Mei 2023 hingga Oktober 2023. Tujuan dari rakor tersebut adalah menyepakati jadwal pilkades dimana rencana tanggal 26 Agustus 2023 akan dilaksanakan pemungutan suara dan tanggal 19 Oktober 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published.