NGEBUT…..!!! PEMKAB KONSULTASI PEMEKARAN DESA KETRO HARJO KE KEMENDAGRI

Dalam rangka percepatan pelaksanaan penetapan Desa Persiapan Ketro Harjo Kecamatan Tulakan menjadi Desa Ketro Harjo, bertempat di ruang rapat Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jum’at 19 November 2021 Tim Evaluasi Penataan Desa Provinsi Jawa Timur bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan didampingi Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pacitan serta Tim Evaluasi Penataan Desa Kabupaten Pacitan melakukan koordinasi dan konsultasi terkait dengan pemekaran Desa Persiapan Ketro harjo Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Tim dari Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Pacitan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan Drs. Sanyoto, MM diterima langsung oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa didampingi oleh Kasubdit Fasilitasi Tata Wilayah Desa. Dalam kegiatan konsultasi tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pacitan memaparkan kesiapan dan progres pemekaran Desa Ketro Harjo Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan, selama kurun waktu 2 tahun yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tahapan pemekaran Desa Ketro Harjo telah dimulai dari tahun 2017 berdasarkan usulan dari Desa induk dan telah melalui kajian dari Balitbang Kabupaten Pacitan. Dirjen Bina Pemerintah Desa menyambut baik dan siap memfasilitasi Pemprov Jatim dan Pemkab Pacitan untuk proses lebih lanjut.
Pemekaran Desa sendiri telah melalui beberapa tahapan mulai dari pembentukan Desa Persiapan, penunjukan Pj Kepala Desa dan Evaluasi oleh Tim Fasilitasi Pemekaran Desa tingkat Kabupaten dan Provinsi. Sebelum di evaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri tim Kabupaten dan Provinsi berkonsultasi terlebih dahulu ke Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa agar proses dan pelaskanaan evaluasi berjalan lancar.
Drs. Sanyoto, MM. menyampaikan bahwa “proses pemekaran Desa Ketro Harjo selanjutnya adalah pembahasan Peraturan Daerah penetapan Desa Ketro Harjo oleh DPRD dan Pemerintah Kabupaten yang akan dibahas pada tahun ini. Diharapakan proses pembahsan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan” imbuhya.
Hasil pertemuan yang dilaksanakan selama satu hari bersama Dirjend Bina Pemdes, Tim Evaluasi Penataan Desa Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Pacitan dijadikan bahan evaluasi dan pertimbangan untuk proses tahapan selanjutnya. Diharapkan tahun 2022 Desa Ketro harjo sudah mendapatkan status Desa Definitif dari Kementerian Dalam Negeri untuk dapat meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat Desa Ketro Harjo. (RY/AG/WS)

BERITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *